3 Tahapan Penting Dapatkan Grade A Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) Ikan Sidat

Bagaimana memperoleh sertifikat kelayakan pengolahan (skp)? Apa sajakah persyaratan dan tahapan yang harus dilalui? Berikut pengalaman PT. Labas mengurus SKP hingga memperoleh grade A. 

SKP adalah dokumen yang diberikan kepada Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang telah menerapkan cara pengolahan yang baik (Good Manufacturing Practices/GMP) dan memenuhi persyaratan prosedur operasi sanitasi standar (Standard Sanitation Operating Procedure/SSOP). Grade SKP ditentukan berdasarkan sejauh mana UPI telah menerapkan GMP dan SSOP sesuai dengan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor KEP.01/MEN/2007 dimulai dari yang terendah Grade D hingga yang tertinggi Grade A.

Dalam perjalanan usahanya, PT. Laju Banyu Semesta telah memperoleh SKP Grade A untuk pengolahan ikan sidat. Sertifikat ini sangat penting dimiliki setiap orang/badan usaha yang melakukan penanganan dan pengolahan ikan sebab menjadi penjamin mutu dan penjamin keamanan hasil perikanan. Jika tidak dipenuhi/diterapkan, maka bisa berakibat pidana dan dan denda maksimal 800 juta rupiah.

Namun, sebelum memperoleh sertifikat dengan nilai mutu (grade A), ada 3 tahapan penting yang harus dilalui UPI, yaitu:

  1. Memenuhi Persyaratan Pengajuan SKP

Pastikan UPI anda sudah memenuhi persyaratan dasar dan persyaratan umum sebelum mengajukan SKP. Sebuah UPI bisa mengajukan SKP jika telah:

  • Memiliki Izin Usaha Perikanan (IUP)/SIUP/Akta Notaris Pendirian Usaha
  • Memiliki dan Menerapkan GMP dan SSOP secara konsisten
  • Melakukan proses produksi secara aktif, minimal 12 hari kerja dalam satu bulan
  • Memiliki tempat/unit yang melakukan pengolahan, pengemasan, dan/atau penyimpanan
  • Memperkerjakan sekurang-kurangnya satu orang penanggung jawab mutu yang mempunyai Sertifikat Pengolah Ikan (SPI) atau tenaga terlatih

Dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan SKP seperti tertera pada gambar di bawah ini:

ceklis-dokumen-persyaratan-sertifikat-kelayakan-pengolahan-skp

  1. Mengikuti Prosedur Pengajuan SKP dengan telaten

Dokumen di atas hanya cukup diunggah melalui web/aplikasi SKP online. Anda harus mendapatkan username dan password pada website www.skp-pdspkp.kkp.go.id terlebih dahulu baru melengkapi persyaratannya. Setelah semua syarat lengkap, maka pembina mutu melakukan pengecekan penerapan GMP dan SSOP di UPI.

Apabila terdapat penemuan, maka pembina memberikan saran perbaikan dan verifikasi tindak lanjut perbaikan UPI. Tugas UPI yaitu memperbaiki penemuan tersebut selambat-lambatnya 4 minggu lalu melaporkannya kembali pada petugas bahwa perbaikan telah dilaksanakan.

Dengan ketelatenan mengurus SKP, PT. Labas hanya membutuhkan waktu 1 bulan hingga SKP diterbitkan dan diterima melalui pos. Selain sertifikat, ada juga dokumen pendukung yang menunjukkan nilai/grade UPI berdasarkan kriteria penerapan GMP dan SSOP. Grade A menunjukkan bahwa UPI telah menerapkan GMP dan SSOP dengan sangat baik.

  1. Lulus Inspeksi dengan Temuan Minimalis

Tahapan penting dalam pengajuan SKP adalah penilaian saat inspeksi atau tinjauan lapangan oleh petugas ke UPI. Pelajari kembali aspek-aspek kepatuhan kelayakan dasar. Penyimpangan berpotensi mempengaruhi mutu pangan (minor), berpotensi memengaruhi keamanan pangan (mayor), mempengaruhi keamanan pangan (serius), atau bisa segera memengaruhi keamanan pangan (kritis). Oleh karena itu, sebuah UPI berskala mikro-kecil dikatakan baik/sangat baik (Grade A/B) jika penemuan jumlah penyimpangan mayor dan minornya kurang dari 10 serta penyimpangan serius dan kritisnya kurang dari 2.

Dari segi bangunan, misalnya. Dari mulai langit-langit, pintu, ventilasi, penerangan, hingga saluran pembuangan persyaratan kelayakannya harus dipenuhi agar sirkulasi udara cukup namun meminimalisasi resiko kontaminasi. Penilaian juga dilakukan pada aspek pengemasan, penyimpanan, dan pelabelan. Bahan pengemasan harus food grade, menyertakan jenis dan waktu produksi pada label, serta disimpan pada suhu beku (di bawah 4OC). Masih banyak lagi aspek-aspek yang dinilai sebelum memperoleh SKP.

Selamat Mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *