DILARANG MASUK FARM SIDAT!!!

BAKTERI, JAMUR dan PARASIT

DILARANG MASUK FARM SIDAT!!!!

cartoon-bug

Biosecurity dan sanitasi Farm Sidat

Assalamualaikum warahmatullah wabarakaatuh.

Salam bahagia untuk kita semua,pada edisi kali ini kita akan coba ulik hal yang berkaitan dengan keamanan area farm sidat kita dari masuknya agen-agen penyakit (jamur, bakteri dan parasit) yang bisa menyerang ikan sidat hingga menyebabkan kematian. Dalam ilmu akuakultur, pencegahan tersebut biasa kita dengar dengan biosecurity atau sanitasi.

Dasar biosecurity ini kita dapatkan dari disiplin ilmu islam. Islam mengajarkan kebersihan. Salah satu contohnya, kita diwajibkan untuk bersuci sebelum melakukan ibadah sholat. Begitu pula ketika akan makan maka hendaknya mencuci tangan agar bakteri, jamur atau agen penyakit yang mungkin ada di tangan bisa dicegah untuk masuk ke dalam tubuh.

So atas dasar hal tersebut kami pun melakukan prinsip menjaga kebersihan melalui program biosecurity dan sanitasi. Oke sudah paham kan labaser dan sidater seantero indonesia. Semoga diberikan kepahaman,kalau masih belum silahkan baca kembali dari paragraf pertama dan diulang.

Biosecurity dan sanitasi akan coba mengakomodir kemungkinan masuknya agen penyakit ke area farm kita. Hal yang kami lakukan untuk menjalankan hal tersebut

#1. Menggunakan sepatu boot ketika masuk area budidaya

downloadNah setiap orang siapapun ia,ketika masuk farm harus mengganti alas kakinya dengan sepatu boot yang tersedia di farm sidat labas, jangan sampeai mereka bawa dari rumah atau membeli di toko terdekat hehehehe repot soalnya.

Penggunaan sepatu boot akan mengurangi resiko masuknya agen penyakit yang menempel pada alas kaki seseorang dari luar farm.

Seseorang yang baru saja keluar dari toilet maka alas kakinya berpotensi membawa bakteri yang berasal sari toilet,maka dengan mengganti alas kaki dengan sepatu boot farm kita terhindar dari agen penyakit.

#2. Mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk farm sidat labas

sidat 1Ya aspek yang kedua juga merupakan pencegahan agar agen penyakit tidak masuk area budidaya sidat, tangan juga salah satu pintu masuknya agen penyakit. Contoh konkritnya yang paling mudah dipahami,ketika seseorang BAB (Buang Air Besar) dan BAK (Buang Air Kecil) ada kemungkinan tangan orang tersebut terdapat bakteri atau agen penyakit yang berasal dari keperluannya di toilet. Jadi dengan mencuci tangan kita bisa mencegah agen penyakit yang berasal dari tangan masuk. Labaser dan sidater bisa mengambil contoh-contoh yang lain ya agar bisa lebih memahami.

#3. Celup sepatu Boot di wadah yang sudah diberikan larutan klorin

sidat 2Wah bukannya tadi sudah ganti alas kaki ya, ko sekarang dicelup klorin. Iya ini bagian dari komitmen kami sidat labas untuk menjaga kebersihan melalui program biosecurity dan sanitasi. Jadi celah-celah masuknya agen penyakit coba kita keep. Sehingga kemungkinan itu tidak terjadi,jangan sampai sidat kita sakit bahkan mati karena kita lalai dari biosecurity dan sanitasi wah rugi tentunya ya…

Oke kita bahas…. “Kok pake klorin?”, iya karena larutan klorin bersifat oksidator kuat. Sel-sel bakteri jamur dan parasit bisa luruh dan rusak ketika terkena atau kontak langsung dengan larutan klorin. MasyaAllah cukup dahsyat juga efeknya untuk membunuh agen penyakit ya..

Dari ulasan singkat di atas semoga labaser dan sidater dimanapun anda berada mengerti serta memahami pentingnya biosecurity dan sanitasi untuk pencegahan penyakit pada ikan sidat. Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati!!!

Salam bahagia hingga panen tiba

Better Eel for Better Life

Bekasi, 3 Desember 2015

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *