Indikator Biologis Farm Sidat

Pada sajian kali ini kita coba kupas salah satu aspek penunjang kegiatan budidaya sidat, INDIKATOR BIOLOGIS. labaser sepertinya masih asing dan belum tergambar tentang aspek yang kita akan bahas kali ini, alhamdulillah berarti sajian singkat kali ini akan menambah wawasan dan pengetahuan aspek penunjang budidaya yang satu ini.

Kita akan coba bahas dari arti secara harfiah, sambil buka KBBI (merujuk agar mendapatkan informasi yang valid)

Indikator artinya sesuatu yang dapat memberikan (menjadi) petunjuk atau keterangan, sedangkan biologis bersangkutan dengan biologis

Apabila kita sambung menjadi indikator biologis kurang lebih artinya sesuatu yang memberikan petunjuk dengan menggunakan organisme biologis dalam pengoperasiannya (semoga pengertian ini memudahkan labaser memahami, Allahumma Aamiin)

Jadi indikator biologis ini digunakan dalam farm (lokasi budidaya) sebagai petunjuk atau parameter kondisi kualitas air yang masuk ke dalam farm.

sidatSumber air farm yang menggunakan sumber air permukaan sangat rentan dengan limbah rumah tangga (biasanya sabun dan deterjen), polutan, racun atau limbah pertanian.  maka diperlukan suatu mekanisme yang dapat mengontrol kondisi kualitas air yang masuk ke dalam farm. Air tersebut nanti akan digunakan dalam kegiatan pemeliharaan sidat, nah coba perhatikan kondisi farm anda apakah sama dengan yang kami jelaskan di atas??bila sama maka hendaknya para sidater menerapkannya di farmnya masing-masing (ingat ya jangan lupa).

Indikator biologis ini menjadi penting karena tidak setiap kali akuakulturis menggunakan alat kualitas air untuk pengecekan kondisi kualitas air yang masuk ke farmnya. Contoh konkrit kondisi dini hari dimana sebagian akuakulturis sedang terlelap maka ia tidak mungkin untuk menggunakan alat kualitas air untuk mengecek kondisinya, dengan adanya indikator biologis paling tidak ia mendapat gambaran kondisi kualitas air yang safety bagi ikan yang dipelihara.

sambil menikmati secangkir teh, kita lanjutkan pembahasan sajian kali ini…..

sidatIkan yang baik untuk digunakan sebagai indikator biologis adalah jenis ikan-ikan yang relatif rentan terhadap fluktuasi kualitas air seperti ikan mas, ikan hias koki (kurang recommended dari sisi harga) atau yang sejenisnya. jenis ikan tersebut sangat rentan terhadap perubahan kualitas air yang dapat terjadi seketika.

Ketika ada racun ikan yang masuk misalnya maka ikan mas sebagai indikator akan mati
sehingga tindakan emergency dapat segera dilakukan sebagai tindakan penyelamatan terhadap sidat yang kita pelihara.

Selain jenis ikan kami merekomendasikan menggunakan akuarium sebagai wadah pemeliharaan indikator biologis farm sidat. pertimbangannya adalah agar memudahkan pengamatan ikan indikator sehingga tindakan emergency dapat segera dilakukan. tentunya akan menyelamatkan ikan sidat yang anda pelihara dari kematian.

Demikian sajian kami kali ini semoga menambah wawasan dan ilmu sidater serta labaser seantero nusantara dan dunia.

Better Eel for Better Life

13 November 2015

Di kota hujan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *