Juli: Festival Makan Sidat Jepang (Doyo-ushi-no-hi)

Tahukah kamu, di Jepang ada hari khusus makan unagi setiap bulan Juli?

Berawal dari kepercayaan sejak zaman Edo bahwa mengonsumsi makanan berawalan huruf “U” berdampak baik bagi kesehatan, kebiasaan memakan unagi saat hari terpanas di musim panas masih berlanjut hingga saat ini. Variasi masakannya bermacam-macam mulai dari Unadon, Unajyu, Hitsumabushi, maupun Kabayaki. Penamaan masakan ini ternyata tergantung pada cara penyajian unagi.

Unajyu via OnlyInJapan

Terlepas dari kebenaran kepercayaan tersebut, tidak dipungkiri kalau Unagi sangat kaya akan  Vitamin A, B1, B2, D, dan E, kalsium, dan protein sehingga bisa meningkatkan stamina yang hilang akibat hawa musim panas.

Hitsumabushi via ana-cooljapan

Mengingat manfaat dari konsumsi unagi tersebut, tak heran… pada Doyo-ushi-no-hi (eel-eating days) ini kamu akan melihat antrian-antrian panjang di depan restoran unagi di Jepang! Waktunya berubah setiap tahun mengikuti siklus penanggalan Cina dan Jepang.

Nah, tahun 2018, eel eating days berlangsung 2 kali yaitu pada tanggal 20 Juli dan 1 Agustus.

Unagi Kabayaki via steemitimages

Di Labas, kamu bisa memesan unagi yang sudah masak, lo! Kamu bisa membeli unagi kabayaki yang sudah dibumbui jadi tinggal disajikan di atas nasi hangat menjadi unajyu/unadon/hitsumabushi.

Unagi Panggang Bumbu (Kabayaki)

Kalau kamu suka membumbui dengan takaranmu sendiri, bisa juga membeli yang frozen atau sudah dipanggang seperti ini:

Unagi Fillet (Frozen)
Unagi Panggang (Shirayaki)

Tak perlu khawatir, semua unagi Labas dijamin halal MUI! Kamu bisa pesan langsung melalui Pak Suriyono (0852-1194-3905) dan bikin doyo-ushi-no-hi sendiri di rumahmu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *