Jumlah Modal Usaha Sidat Skala Kecil

Kami seringkali mendapatkan pertanyaan: “Pak, saya ingin usaha sidat, berapa modal yang saya butuhkan?”. Senada dengan itu, “Pak saya punya lahan x hektar dan uang sebesar y rupiah, berapa keuntungan yang bisa saya peroleh?”. Apakah anda juga memiliki pertanyaan yang sama?

Nah, sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita tinjau dulu faktor apa yang menentukan besar-kecilnya investasi untuk usaha sidat:

  • Skala Usaha

Skala usaha sidat dikategorikan menjadi usaha sidat skala rumah tangga, skala kecil, skala sedang, dan skala besar berdasarkan jumlah panen (kilogram).

  • Pilihan Fase dan Sistem

Labas beroperasi pada fase glass eel, elver-fingerling, pembesaran, dan pengolahan. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa fase di atas. Kami menyarankan untuk memulai usaha pada 2 fase terakhir. Selain resiko usaha lebih kecil, Anda akan lebih terbayang market niche 

Baca: Bentuk Kemitraan PT. Labas

Sistem yang dipilih menentukan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Sebagai

  • Keuntungan dan Resiko

Sesuai analisis ekonomi, semakin tinggi keuntungan yang ingin diperoleh, semakin membutuhkan skala usaha yang besar. Namun, seiring dengan itu resiko yang dihadapi juga semakin tinggi.

Setelah Anda mempertimbangkan hal-hal di atas, barulah kita bisa menentukan modal yang dibutuhkan atau jenis usaha apa yang bisa dibuat dari modal yang dimiliki. Agar lebih mudah, kami akan menjelaskan jumlah modal usaha sidat melalui contoh kasus di mana seorang pengusaha akan membuat usaha sidat.

Kasus 1: Pak Deni memiliki modal 20 juta rupiah. Ia telah memiliki tanah seluas 1 hektar. bagaimana analisis usaha ikan sidat pak deni?

Kasus 2: Pak Farid memiliki lahan seluas . Berapa skala usaha yang dapat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *