Cara Memilih Lokasi Budidaya Sidat (Part 1)

Pemilihan lokasi merupakan kegiatan awal sebelum aplikasi teknis budidaya sidat dilakukan. pertimbangan yang matang setelah berbagai aspek dilihat dan dianalisis untuk mengukur kelayakan sebuah lokasi. kegiatan ini menjadi penting karena bila terjadi kesalahan dalam memilih lokasi maka akan memberi efek yang kurang baik dari sisi teknis maupun finansial.

5 oktober 2015

Berikut kami akan jabarkan aspek teknis dalam memilih lokasi kegiatan budidaya ikan sidat, kami akan coba bagi menjadi dua bagian besar, lokasi yang berada diwilayah perkotaan dan lokasi yang berada diwilayah pegunungan untuk memudahkan pemahaman.
Lokasi yang berada di perkotaan memiliki keunggulan berupa akses menuju lokasi tersebut relatif lebih mudah, karena biasanya aspal maupun jalan beton sudah dibangun oleh pemerintah setempat. selain akses, pada wilayah perkotaan banyak pusat keramaian, pasar, restauran dll sehingga bisa kita simpulkan dekat dengan pasar. kedua keunggulan tersebut membuat kemudahan memasarkan produk perikanan yang kita miliki menjadi lebih mudah dan lebih efisien. biaya perjalanan distribusi bisa dikurangi serta barang bisa lebih kita pastikan sampai tepat pada waktunya (dengan catatan tidak macet ya..)

Selain keunggulan tersebut lokasi diwilayah perkotaan memiliki kelemahan, yaitu ketersediaan air biasanya relatif sedikit. kondisi ini menyebabkan biaya utk penyediaan air dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan air kegiatan budidaya sidat. penggunaan sumur bor yang dilengkapi dengan pompa sudah cukup menggambarkan ada biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan air. pada kondisi ini penggunaan air harus sedemikian rupa diminimalisir agar cost yang dibutuhkan tidak membengkak.

Penerapan teknologi pengelolaan kualitas air menjadi pilihan yang sangat relevan terhadap penyediaan air yang efektif dan relatif efisien dari segi cost. kami menyarankan pada kondisi tersebut menggunakan sistem resirkulasi, agar kebutuhan air utk pergantian air menjadi tereliminasi sehingga cost pengadaan air menjadi berkurang.

Pada edisi selanjutnya kami akan bahas terkait lokasi diwilayah pegunungan…..

ikuti terus informasi ikan sidat di www.sidatlabas.com
semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *