Mengenal Sidat Lebih Dekat

MARI MENGENAL SIDAT

Sidat bisa dikatakan ikan yang hebat, kenapa demikian? karena sidat memiliki sifat katadromous (bertelur dilaut dalam, migrasi ke hilir kemudian kembali migrasi dan memijah di laut dalam) menempuh perjalanan kurang lebih 1500 km.

Bukan hanya perjuangan migrasi nya saja yang patut di acungi jempol, ikan sidat ini juga ternyata memiliki kandungan Vitamin dan Omega3&6 yang sangat tinggi. Daging ikan sidat yang gurih, nikmat, lezat, sedap dan yang pasti memiliki manfaat bagus untuk kesehatan dan kecerdasan otak.

Nah, saat ini kita akan sama-sama mengenal SIDAT lebih dekat…

mengenal sidat

NUTRISI SIDAT 

Ikan sidat memiliki kandungan 4.700UI Vitamin A, juga Omega 3 & 6 (1.337mg/100gram EPA dan 742mg /100gram DHA) yang cukup tinggi, ikan ini bukan lah suplemen yang diracik oleh manusia, suplemen yang alami yang diciptakan oleh Allah. Allah menciptakan ikan sidat dengan keistimewaan, bukan hanya sekedar ikan yang dapat dikonsumsi, namun ikan sidat memiliki manfaat yang sangat amat baik.

INDRA PENCIUMAN SIDAT 

Pada ikan sidat indera olfaktori (penciuman) lebih dominan digunakan dalam mencari makan (Tesch, 1977), sehingga ini menjadi salah satu pengetahuan yang membantu dalam rekayasa teknologi pakan sidat.
Aroma pakan ditentukan oleh jenis dan jumlah atraktan yang ditambahkan selama proses pembuatan pakan. Penambahan atraktan dimaksudkan untuk merangsang ikan guna mendekati dan mengkonsumsi pakan yang diberikan. Penambahan atraktan dengan jenis dan jumlah yang tepat akan meningkatkan konsumsi pakan sehingga meningkatkan pula pertumbuhan ikan.

KEBUTUHAN GIZI SIDAT 

Ikan sidat bersifat karnivora dan membutuhkan protein yang tinggi dibandingkan herbivora dan omnivora (Webster dan Lim, 2002). Nose dan Arai (1972) dalam Webster (2002) melaporkan bahwaAnguilla japonica yang muda atau masih kecil membutuhkan lebih dari 45 % protein murni berbasis kasein. Tibbets et al (2000) dalam Webster (2002) memperkirakan bahwa level optimum protein untuk juvenil sidat amerika yaitu 47 % dengan pakan berbasis tepung ikan hearing. Dapat disimpulkan kebutuhan protein ikan sidat berkisar antara 45-47 % relatif lebih tinggi dibandingkan dengan spesies ikan lain.

MAKANAN SIDAT

Ada tiga fase dalam mencari makan :
1. Pengenalan makanan
2. Mencari lokasi makanan
3. Pakan dikonsumsi (Hertramp, 2000).
Penggunaan atraktan dalam pakan diharapkan dapat berkorelasi positif terhadap pertumbuhan sidat.
Atraktan umumnya dihasilkan dari asam amino bebas, asam amino bebas berperan sebagai komponen untuk memacu pertumbuhan, sumber energi dan bahan atraktan (Yufera et al., 2002)

OLAHAN SIDAT

Sidat LABASAKI
Mmmm… yummy. terbayang kan lezat nya olahan sidat yang satu ini. Memiliki citarasa Nusantara asam manis, dan tentunya kaya akan Vitamin juga Omega 3&6.

olahan sidat
LABASAKI ASAM MANIS

Sidat CRISPY
Ikan sidat yang dibuat makanan ringan ini sangat crunchy. Cocok untuk cemilan keluarga, cemilan yang sehat dan nikmat.
olahan sidat
Sidat SOSIS
Sosis ikan yang lezat kaya akan manfaat, dibuat oleh tenaga ahli yang selalu menjaga kualitas olahan ikan yang hebat ini.
olahan sidat

Nah, mengenal sidat sudah, tinggal mencicipi olahan nya ya 🙂


NOTE : 

Telp, SMS, Whatsapp 0816 1341 288

e-mail lajubanyusemesta@gmail.com

Share Us . . . Join Us . . . 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *