Sidat atau Belut?

Kamu belum tahu SIDAT ?

Ga masalah kok, kan bisa cari tahu.

Asal don’t judge a book by cover ya. Ini yang sering menimpa orang indonesia macaaprilm saya  terutama untuk yang baru kenal atau malah belum kenalan sama sidat. Kenapa? Karena  penampilannya mirip ular membuat sebagian orang enggan mencicipi apa lagi menghabiskan olahan dari ikan ini. Padahal, kalau sidat dilempar ke orang-orang jepang, korea, amerika dan eropa sudah pasti mereka bakalan berebut menangkap. HAP HAP HAP…..

Siapa sih SIDAT?

Sidat itu (yang sedang jadi bahan pembicaraan) ikan air tawar yang sudah menjadi olahan pangan industri besar di negara eropa, jepang, korea. WOW. Negara-negara yang bisa dibilang peradabannya sudah melesat jauh ketimbang indonesia. Ikan air tawar ya, semacam lele, gurame, nila dkk. Jangan bayangkan sidat listrik apa lagi sidat laut yang berwarna warni. Bukan yaa.


Kalau kamu penikmat dan pelanggan masakan jepang, pasti sering baca UNAGI di buku menu. Yap, dia lah yang kita maksud disini.2

Sidat di indonesia punya banyak nama. Orang Betawi menyebutnya Moa. Di Lampung dan Jawa umumnya dikenal dengan nama Pelus. Sedangkan di Poso dan wilayah Sulawesi Tengah lebih dikenal sebagai Sogili. Kalau di Jawa Barat lebih dikenal dengan Lubang. uniknya, bergeser sedikit ke Toraja dan Makassar, ikan ini lebih populer dengan nama Massapi. Di daerah lain  ada yang menyebut Gateng, Ikan Lembu, Ikan Denong dan Ikan Luncah.

Nah, ada yang pernah dengar namanya disebut-sebut didaerah kamu?

Nah itu lah Sidat yang sangat populer saat ini, tentunya masyarakat indonesia perlu mengenal ikan sidat, berGizi tinggi kaya akan Vitamin dan Omega. Saat kita sudah mengenal Sidat dan juga mengenal manfaat dari Sidat maka ikan ini akan menjadi primadona semua orang mulai dari anak-anak, remaja, dewasa sampai lanjut usia.

Penyusun : Ummu Hibban + Admin Labas

Better Eel for Better Life

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *