Sidat Dicari di Dunia

Sidat itu (yang sedang jadi bahan pembicaraan) ikan air tawar yang sudah menjadi olahan pangan industri besar di negara eropa, jepang, korea. WOW. Negara-negara yang bisa dibilang peradabannya sudah melesat jauh ketimbang Indonesia. Ikan air tawar ya, semacam lele, gurame, nila dkk. Jangan bayangkan sidat listrik apa lagi sidat laut yang berwarna warni. Bukan yaa.

Kalau kamu penikmat dan pelanggan masakan jepang, pasti sering baca UNAGI di buku menu. Yap, dia lah yang kita maksud disini.

Sidat di indonesia punya banyak nama. Orang Betawi menyebutnya Moa. Di Lampung dan Jawa umumnya dikenal dengan nama Pelus. Sedangkan di Poso dan wilayah Sulawesi Tengah lebih dikenal sebagai Sogili. Kalau di Jawa Barat lebih dikenal dengan Lubang. uniknya, bergeser sedikit ke Toraja dan Makassar, ikan ini lebih populer dengan nama Massapi. Di daerah lain  ada yang menyebut Gateng, Ikan Lembu, Ikan Denong dan Ikan Luncah.

Sidat Indonesia

Indonesia memiliki sedikitnya 6 jenis ikan sidat di wilayah perairannya diantaranya Anguilla marmorata, Anguilla celebelencis, Anguilla acentralis, Anguilla borneensis, Bicolor bicolor, serta Bicolor pacifica (Affandi, 2005).
Indonesia memiliki keanekaragaman sidat serta jumlah yang terbesar di Dunia, hal ini tentunya menjadi motivasi dan modal besar untuk dapat mengelola sumber daya tersebut dengan baik.

 

Sidat Dunia

Negara-negara eropa seperti Jerman, Denmark, Belanda serta Negara-negara asia timur seperti jepang, Taiwan, China serta Korea Selatan sangat tinggi konsumsi dan produksi ikan sidat. Kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan dan harga yang tinggi menjadi daya tarik terbesar Negara-negara maju mengeksploitasi secara besar-besaran. Eksploitasi yang besar-besaran mengakibatkan terjadinya over fishing (sulit mendapatkan sumber daya ikan) dan langka ditambah lagi teknologi reproduksi dan pemeliharaan larvanya belum berkembang dengan baik, sehingga dinegara-negara tersebut terjadi penurunan penangkapan dan produksi ikan tersebut.


Informasi Budidaya :

www.sidatlabas.com

WA/Telp/SMS – 0816 134 1288

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *