Proses Budidaya Ikan Sidat

Pengadaan air
Tanpa mengenal musim, baik hujan maupun kemarau, sumber air diDSC_5902 tempat usaha kami selalu berlimpah. Air yang kami gunakan sebagai media pembesaran ikan berasal dari mata air alami sehingga di musim apapun kebutuhan kami selalu tercukupi. Air dari mata air tersebut disalurkan ke dua cabang yaitu menuju ke bak pembesaran ikan dan lainnya dialirkan ke filter menggunakan pompa hydram.

Filter yang kami gunakan pun bertahap, mulai dari tahap filterisasi kasar, filterisasi halus, sampai filter biologi.  Tempat usaha kami sangat efisien dalam penggunaan air karena usaha kami tidak menggunakan sumur sumur bor maupun air PAM melainkan hanya menggunakan sumber air yang sudah ada di alam sekitar.

Proses Budidaya Sidat

Pemeliharaan ikan dimulai dari fase glass eel dengan jenis Anguilla bicolor yang kami tangkap dari wilayah pantai selatan, mulai dari daerah Pelabuhan Ratu hingga Jampang Kulon. Jenis lainnya yaitu Anguila marmorata dari Sulawesi yang ditangkap di Palu, Manado, dan sekitarnya. Proses budidaya glass eel sampai elver dilakukan dalam ruangan/indoor. Kebersihan sangat diperhatikan di perusahaan kami sehingga sebelum memasuki ruangan budidaya, setiap pekerja harus melakukan sterilisasi terhadap peralatan yang mereka gunakan.DSC_6136

Pembudidayaan ikan sidat ukuran glass eel dilakukan di akuarium dengan sistem resirkulasi. Sistem resirkulasi adalah sistem akuarium dimana di dalam akuarium tersebut terdapat pompa, filter fisik, filter kimia dan filter biologi. Air akan dipompa dari akuarium ke filter dan dialirkan kembali ke akuarium dengan kondisi air yang dijernihkan dan diperkaya dengan oksigen. Kualitas air kan di cek setiap 2 kali dalam sehari. Tujuan sistem ini adalah untuk menjaga kualitas air dalam keadaan optimal.

Baca: Sistem Filter Modern

Pemeliharaan Glass Eel

vlcsnap-2015-01-31-10h20m18s82

Pemberian pakan artemia diberikan pada usia 1-3 hari, selanjutnya bloodworm/cacing darah hingga usia 10 hari, lalu pakan buatan seperti pellet/pasta setelah glass eel mampu beradaptasi dengan pakan buatan. Setelah mencapai usia mencapai 15 hari, glass eel akan diberi pakan buatan yang hingga sampai ukuran 2 gr atau disebut elver.

Ikuti: Virtual Farm Tour PT. Labas

Pemeliharaan Elver & Fingerling
Ikan dengan ukuran elver akan ditempatkan di bak khusus dengan sistem filter yang sama namun lebih baik. Selain filter-filter yang sebelumnya ada pada akuarium glass eel, bak pemeliharaan elver akan ditambah dengan pancaran sinar ultraviolet sebagai disinfektan. Pakan yang digunakan untuk ikan ukuran elver yang berada di round tank adalah pasta dan pelet. Pakan ini akan menjadi pakan transisi dari worm ke pellet.

Baca: Pakan Sidat Labas

Pemeliharaan lanjutan elver akan DSC_5958 (Copy)dilakukan di bak khusus, yang dinamakan round tank dengan diameter 1.5m. Pada bak ini, sistem resirkulasi akan dilakukan secara simultan yaitu 1 sistem resirkulasi untuk 4 bak round tank. Pada tahap ini ikan dinamakan fingerling yaitu ukuran ikan dengan berat 10-20 gr. Pakan yang digunakan adalah pellet dengan ukuran 1 mm. Ikan akan dipelihara dengan cara tersebut selama 5-6 bulan sampai ikan berukuran 30gr sebelum dipindahkan ke kolam pembesaran yang ada di luar ruangan.

Baca: Pemeliharaan Sidat Fase Fingerling

Tertarik membudidayakan sidat? Ayo cari caranya di sini.

4 Balasan untuk “Proses Budidaya Ikan Sidat”

  1. Bagaimana awalnya saya ingin membudidaya ikan sidat.. dan apa saja yg saya perlukan ? Mohon petunjuknya..

  2. apa bila bapak berkrnan untuk mengikuti pelatihan sidat, kami tgl 16 17 mei 2015 ini akan mengadakan pelatihan kembali, apa bila bapak berminat silahkan menghubungi ni ini 085777769280

  3. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Saya dari bandar lampung, saya berminat menjadi mitra, kebetulan didekat pemukiman saya banyak terdapat sidat, yang kami sebut MOA (belut berkuping).
    dan apabila ada pemasaranya saya berniat untuk menampung atau membudidayakanya.
    saya masih buta hal ini, untuk itu mohon petunjuk saran serta bantuanya. terima kasih

Komentar ditutup.