Alternatif Bisnis Ikan SidatSaat ini, keberadaan ikan sidat di Indonesia sudah cukup dikenal dengan berbagai nama daerah seperti Moa, Sogili, Pelus dan lain-lain. Ikan ini juga diburu oleh negara-negara maju di dunia karena memiliki kandungan gizi yang tinggi bahkan melebihi ikan salmon.

Sejatinya, ikan sidat adalah komoditas yang sangat menjanjikan. Namun, budidaya ikan sidat masih cukup jarang ditekuni. Hal ini dapat terjadi akibat belum populernya olahan ikan sidat di tanah air serta masih sulit untuk menemukan bahan baku ikan sidat. Harga ikan sidat yang relatif mahal juga menjadikan ikan ini cenderung dipasarkan untuk keperluan ekspor.

belut segar - unagi potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Secara umum, ikan sidat yang dikonsumsi di Indonesia maupun di berbagai negara masih mengandalkan hasil tangkapan dari alam. Jika hal ini terus menerus dilakukan, maka lambat laun ketersediaan ikan sidat di alam juga akan semakin sedikit. Kondisi seperti ini justru dapat dijadikan peluang bisnis untuk membuka usaha budidaya ikan sidat.

Ikan sidat memiliki manfaat yang sangat baik untuk orang yang mengkonsumsinya. Tidak hanya dagingnya beberapa bagian tubuh ikan sidat juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan mulai dari keperluan pangan, kecantikan hingga keperluan kesehatan.

Kira-kira, olahan apa saja yang dapat dibuat dari ikan sidat? Berikut 4 alternatif bisnis ikan sidat yang mampu menambah pemasukkan usaha Anda!

1. Biang Kaldu Nikmat

sup ikan - kaldu ikan potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Manfaat ikan sidat selain daging yang pertama terletak pada kepalanya. Kepala ikan sidat mengambil bagian sekitar 5-6% dari bobot total tubuhnya. Sedikit disayangkan jika tidak diolah lebih lanjut dan hanya menjadi limbah industri. Bagian ini umumnya adalah by product dari hilirisasi budidaya sidat.

Sebenarnya, kepala ikan sidat dapat dijadikan biang kaldu yang lezat. Pengolahannya pun cukup simple. Anda dapat menyiapkan beberapa potong kepala sidat yang kemudian dipanggang dengan Teflon maupun dengan oven. Setelah warna berubah menjadi kuning kecoklatan, kepala ikan sidat dapat dimasukkan ke panci berisi air dan jadilah kaldu sidat! Nyam!

2. Kolagen yang buat Wajah Glowing!

krim wajah, serum, lotion, pelembab dan garam laut di antara daun bambu - skincare potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Khasiat ini juga masih belum banyak diketahui masyarakat luas. Gelembung renang ikan sidat memiliki kandungan kolagen yang cukup tinggi. Tidak lupa juga kulit ikan sidat ini pun dapat dimanfaatkan menjadi kolagen. Kolagen merupakan jenis protein yang memiliki manfaat untuk meremajakan struktur dan kekenyalan kulit. Oleh karena itu, kolagen ini banyak terdapat pada kandungan produk perawatan kulit. Selain untuk perawatan kulit, kolagen yang terkandung dalam gelembung renang ikan sidat dapat diekstrak dan dimanfaatkan sebagai bahan campuran produk penyembuh luka luar. Ternyata cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan dari ikan sidat ini yaa selain buat wajah glowing.

3. Pet Food yang Berkualitas

pemilik menuangkan makanan kering ke kucing dan anjing di dapur. tangan guru. close-up. konsep makanan kering untuk hewan - pet food potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Siapa yang tidak mau punya hewan peliharaan yang sehat dan menggemaskan? Jeroan ikan sidat seperti organ hati bisa diolah menjadi pakan yang berkualitas. Kandungan protein yang tinggi dalam jeroan ikan sidat mampu mencukupi kebutuhan tumbuh hewan peliharaan Anda. Dalam organ hati ikan sidat ini terdapat kandungan vitamin A yang tinggi juga loh, sehingga baik bagi kesehatan mata hewan peliharaan anda.

4. Minyak Ikan

kapsul minyak hati cod - fish oil potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Anda pasti sudah tidak asing dengan produk kapsul minyak ikan cod dan salmon. Ternyata kandungan omega 3 dalam ikan sidat juga tidak kalah saing loh! Bahkan, telah terbukti bahwa kandungan omega 3 ikan sidat tepatnya DHA lebih tinggi daripada Salmon Atlantik. Manfaat omega 3 dipercaya mampu mencegah pikun dan dapat meningkatkan tingkat intelegensi pada balita. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan kandungan omega 3 dalam ikan sidat sangat digandrungi oleh masyarakat.

Namun, Anda mungkin memerlukan biaya investasi awal yang cukup besar untuk membangun pengolahan minyak ikan sidat ini. Bagaimana? Sudah tertarik kah Anda untuk memulai alternatif bisnis ikan sidat yang sangat menjanjikan ini?

Informasi lainnya mengenai Ikan Sidat bisa dilihat dichannel Youtube kami.

Lihat Channel Youtube Sidat Labas Official  

Baca Juga : 6 Kandungan dan Manfaat Ikan Sidat, Dari Bikin Pintar Hingga Panjang Umur