4 Segmentasi Usaha Sidat

Mau Usaha Ikan Sidat? 4 Segmentasi Usaha Ini Bisa Jadi Pilihan Anda

 

Siapa yang ingin punya usaha ikan sidat tapi belum juga terealisasi? Apa sih alasannya?

Apakah Anda berpikir bahwa usaha ikan sidat sulit, memiliki resiko yang tinggi, proses pemeliharaan lama, dan membutuhkan modal yang besar?

Tidak juga kok, Anda tidak perlu khawatir lagi karena Segmentasi Usaha Ikan Sidat adalah solusinya.

Ada 4 segmentasi usaha yang bisa Anda pilih untuk menentukan usaha ikan sidat yang cocok untuk Anda dan pastinya anti ribet.

Nah, sebelum masuk ke pada 4 segmentasi usaha ikan sidat. Anda perlu tahu pengertian segmentasi dan manfaatnya lebih dahulu.

Apa itu Segmentasi Usaha?

 

Segmentasi Usaha Budidaya Ikan Sidat

Sumber: freepik.com

Secara umum, segmentasi usaha adalah pengelompokan usaha berdasarkan karakteristik yang berbeda.

Dalam usaha ikan sidat, segmentasi ini dikelompokkan berdasarkan karakteristik proses produksinya yang meliputi input (pemasukan), runtutan kegiatan yang saling berkaitan, dan output (pengeluaran).

Segmentasi ini penting dilakukan agar kegiatan usaha ikan sidat dapat berjalan lebih efektif dan menguntungkan satu sama lain.

Baca juga : Ikan yang Memiliki Daun Telinga, Inilah Morfologi Ikan Sidat

Apa saja manfaat Segmentasi Usaha?

Kegiatan segmentasi usaha memberikan beberapa manfaat atau keuntungan, antara lain :

1. Waktu pemeliharaan ikan sidat lebih singkat

2. Mengatasi keterbatasan lahan

3. Manajemen usaha lebih terfokus

4. Target usaha lebih terukur

5. Resiko usaha terbagi-bagi

Selanjutnya adalah macam-macam segmentasi usaha berdasarkan tingkat resikonya, mulai dari resiko tertinggi hingga terendah. Yuk simak satu per satu!

4 Segmentasi Usaha Ikan Sidat

 

1. Pembenihan

 

Segmentasi Usaha Budidaya Ikan Sidat

Sumber: natureplprints.com

Segmentasi ini bertujuan untuk memproduksi benih ikan. Pada umumnya, kegiatan pembenihan memiliki input berupa induk atau telur dan output berupa telur, larva, atau benih.

Namun, pada kegiatan pembenihan ikan sidat input dimulai dari benih (Glass Eel), karena benih masih mengandalkan tangkapan dari alam.

Segmentasi pembenihan ini memiliki tingkat kesulitan dan resiko yang paling tinggi di antara yang lainnya. Fase benih ikan sidat merupakan fase yang rentan.

Kegiatan pembenihan berlangsung selama 4 bulan, dari Glass Eel berbobot 0,16 gram/ekor hingga menjadi Elver berbobot 1 3 – 5 gram/ekor.

Baca juga : Cermati 5 Ciri Benih Ikan Sidat yang Baik untuk Budidaya

2. Pendederan

 

Segmentasi Usaha Budidaya Ikan Sidat

Sumber: Sidat Labas

Segmentasi pendederan juga bertujuan menghasilkan benih, namun dengan ukuran lebih besar dari segmentasi sebelumnya. Pada segmentasi ini, tingkat kesulitan dan resiko usahanya sedang.

Pemeliharaan ikan sidat berlangsung dalam waktu 6 – 7 bulan.

Kegiatan pendederan ikan sidat memiliki input berupa Elver berbobot 3 – 5 gram/ekor dan output berupa sidat ukuran Fingerling berbobot 25 – 50 gram/ekor.

3. Pembesaran

 

Segmentasi Usaha Ikan Sidat

Sumber: Sidat Labas

Segmentasi yang bertujuan menghasilkan ikan ukuran konsumsi adalah kegiatan pembesaran.

Tingkat kesulitan dari usaha pembesaran cenderung rendah, sedangkan tingkat resikonya sedang. Biasanya pembesaran ikan Sidat tersebut memerlukan waktu selama 7 – 8 bulan.

Pemeliharaan dimulai dari sidat Fingerling dengan bobot 25-50 gram/ekor hingga mencapai market size dengan bobot 250 gram/ekor.

Baca juga : ESTalk : Kupas Manajemen Budidaya Ikan Sidat yang Baik

4. Pengolahan

 

Segmentasi Usaha Budidaya Ikan Sidat

Sumber: Sidat Labas

Segmentasi yang terakhir adalah pengolahan ikan sidat. Pada segmentasi ini, tentu tidak dilakukan pemeliharaan ikan sidat.

Usaha pengolahan ikan sidat memiliki tingkat kesulitan dan resiko yang rendah. Anda hanya perlu mengolah ikan sidat hidup menjadi produk makanan.

Bahkan, Anda bisa menjadi reseller dari beberapa produk olahan Unagi Labasaki, olahan ikan sidat hasil produksi Sidat Labas.

Produk Unagi Labasaki di antaranya kabayaki (120 – 250 gram/pack), shirayaki (100 – 250 gram/pack), fillet (170 – 350 gram/pack), dan unagi pepes (150 – 210 gram/pack). Anda bisa temukan produk unagi diskon sampai 35% disini.

Nah, itu dia 4 Segmentasi Usaha Ikan Sidat yang Bisa Jadi Pilihan Anda. Masing-masing segmentasi memiliki tingkat kesulitan dan tingkat resiko yang berbeda-beda.

Ada kemudahan lainnya bagi Anda yang ingin mempunyai usaha ikan sidat tanpa perlu khawatir terkait penjualannya.

Anda bisa kembali menjualnya ke Sidat Labas dengan cara bergabung menjadi Labasian (Mitra Sidat Labas) lebih dahulu.

Daftar Jadi Mitra Sekarang

Baca juga : 4 Jenis Olahan Ikan Sidat di Unagi Labasaki