Hidangan Unagi di Jepang – Unagi disiapkan dengan berbagai cara, yang masing-masing memiliki daya tarik tersendiri bagi peminatnya. Jika kalian sedang bingung ingin mencoba makanan khas Jepang cobalah untuk mengonsumsi unagi sekali. Hidangan unagi yang paling banyak disukai di seluruh dunia adalah kabayaki. Siapa sangka masih ada hidangan unagi di Jepang yang tidak kalah menarik? apa saja itu? yuk simak sampai habis!

Inilah 5 Hidangan Unagi di Jepang yang Mendunia

Kabayaki

Hidangan Unagi di Jepang
Sumber: Tokyoweekender.com

Kabayaki adalah cara paling umum bagaimana unagi atau ikan sidat disajikan. Unagi terlebih dahulu dipisahkan dari tulang dan isi perutnya lalu dibagi menjadi dua bagian. Saus “tare” manis yang terbuat dari kecap dan mirin (sake masak manis) dioleskan di atas unagi saat dipanggang di atas arang. Manisnya tara yang dicampur dengan unagi adalah makanan hidangan unagi yang paling banyak disukai.¬†

Unagi kabayaki sering disajikan di atas nasi. Jika disajikan dalam mangkuk pernis persegi yang disebut “jubako”, hidangan ini disebut “unaju” (unagi + jubako). Jika disajikan dalam mangkuk bundar (disebut “donburi” dalam bahasa Jepang), hidangan ini disebut “unadon” (unagi + donburi). Unaju biasanya mengandung lebih banyak unagi dan karenanya lebih mahal daripada unadon, tetapi rasanya sama. Banyak orang suka menaburkan lada sansho Jepang di atas piring untuk menambah cita rasa.

Shirayaki 

Hidangan Unagi di Jepang
Sumber: Parapuan.co

Hidangan Unagi di Jepang selanjutnya ialah Shirayaki yang tidak kalah populer dari Kabayaki. Shirayaki unagi mirip dengan kabayaki karena unaginya diisi, dihilangkan tulangnya, diolesi mentega, ditusuk, dan dipanggang. Namun, dalam masakan ala shirayaki, belut dipanggang tanpa saus tara dan hanya dibumbui dengan garam, metode memasak yang memastikan rasa asli unagi yang dihidangkan. Masakan ini adalah hidangan favorit para ahli dan koki yang memasak unagi sebab sang koki dapat memasak unagi ini dengan gaya apa pun dan dengan saus apa pun.

Baca Juga

Ikan Sidat Bernilai Ekonomis Tinggi yang Mendunia, Anguilla Japonica

Anguilla Bengalensis, Sidat Bintik Asal India yang Hampir Punah

Hitsumabushi

Hidangan Unagi di Jepang
Sumber: Jpninfo.com

Hitsumabushi merupakan hidangan khas dari Nagoya, terdiri dari nasi Jepang kukus, fillet unagi panggang barbekyu, saus kental, lengket, manis/gurih yang nikmat, dan berbagai macam bumbu lainnya. Salah satu kualitas paling unik yang ditawarkan hidangan ini terletak pada cara memakannya. Hidangan harus dibagi menjadi empat bagian, dengan seperempat pertama dimakan apa adanya, yang kedua dengan berbagai macam bumbu, dan yang ketiga disajikan dengan banyak kaldu dashi (hampir seperti sup). Kuartal keempat dapat dinikmati dengan cara apapun dari tiga perilaku sebelumnya yang paling pelanggan sukai.

Unagi Sushi

Hidangan Unagi di Jepang
Sumber: Tripadvisor.co.nz

Unagi biasanya dipanggang atau dibakar dengan arang dan diolesi dengan tara yang sangat mirip dengan yang digunakan pada kabayaki. Namun, tidak semua hidangan unagi di Jepang harus dibakar, ada pula yang digunakan sebagai makanan basah. Unagi merupakan topping yang digunakan dalam hidangan sushi dan cukup populer di Jepang. Harga unagi sushi biasanya sedikit lebih mahal (jika kalian makan sushi di tempat di mana kalian memesan per potong). Penyajiannya mirip dengan kebanyakan sushi pada umumnya.

Kimoyaki

kimoyaki
Sumber: Unagi-matsukawa.co.jp

Selain hidangan berat seperti di atas, unagi juga bisa disajikan seperti jajanan pasar lho. Kimoyaki sendiri merupakan unagi yang ditusuk menggunakan tusuk sate dan dibakar diatas arang. Sekilas, bentuknya mirip dengan sate ayam atau taichan. Perbedaan kimoyaki dengan kabayaki adalah terletak pada bagian tubuh sidat yang digunakan. Pada kabayaki menggunakan daging sidat, sedangkan kimoyaki menggunakan hati sidat. Rasa yang muncul dari makanan ini adalah pahit, namun cukup nikmat jika mengkonsumsinya dengan minuman beralkohol. Di Indonesia belum banyak yang menyediakan menu ini karena daya minat terhadap ikan sidat di Indonesia masih rendah. 

Bagaimana sobat brosis, menarik bukan hidangan unagi yang populer di Jepang? Penasaran dengan rasanya bukan? jika ingin mencobanya, kunjungi restoran Jepang yang ada di kotamu ya! Sampai jumpa!

Baca Juga:

Mengenal Anguilla Australis : Sidat Bersirip Pendek dari Pasifik

7 Rekomendasi Situs Web untuk mencari Jurnal Gratis