5 tips membalas email panggilan wawancara

5 Tips Membalas Email Panggilan Wawancara – Email panggilan wawancara merupakan hal yang wajar kamu dapatkan jika kamu seringkali mendaftar magang, kerja, kepanitiaan maupun organisasi. Cara kamu membalas email panggilan wawancara tersebut merupakan sesuatu yang penting karena akan menjadi salah satu penilaian dalam proses rekrutmen tersebut. Kesan yang baik dan profesional harus kamu tunjukkan saat membalas email panggilan wawancara. Kamu tidak perlu takut dalam membalas email panggilan wawancara, karena kami akan memberikan tips membalas email panggilan wawancara khusus untuk kamu!

Interview Kerja

Sumber: Freepik

5 Tips Membalas Email Panggilan Wawancara

1. Balas email Tepat Waktu

Jam untuk wawancara

Sumber : Freepik

Membalas email panggilan wawancara sebaiknya dilakukan secepat mungkin. Semakin cepat membalas email akan semakin baik, hal ini dikarenakan perekrut membutuhkan konfirmasi ketersediaan kamu agar bisa mempersiapkan wawancara. Jadi, jangan sampai perekrut menunggu kamu terlalu lama ya! Email dibalas paling lambat 48 jam setelah kamu menerima email.

2. Jangan bertele-tele

Sumber : Freepik

Saat membalas email panggilan wawancara, sebaiknya kamu menggunakan kalimat yang efektif dan efisien. Kalimat yang bertele-tele dan tidak to the point membuatmu terlihat tidak profesional. Untuk itu, jawablah email dengan sopan, singkat padat dan jelas.

3. Tulis email dengan lengkap

Sumber : Freepik

Pada saat membalas email panggilan wawancara, kamu harus memperhatikan susunan strukturnya. Susunan email untuk membalas email umumnya dimulai dari salam pembuka, ucapan terimakasih, isi email, kalimat penutup dan salam penutup. Selain itu, bagian yang tidak boleh terlewat adalah menuliskan subjek email dan menuliskan kontak milik kamu yang bisa dihubungi di bagian akhir email.

4. Antusias

Sumber : Freepik

Untuk membalas email panggilan wawancara, ada baiknya kamu menunjukkan apresiasi, antusias dan jangan lupa mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah kamu dapatkan. Selain itu, meskipun kamu berniat untuk menolak panggilan tersebut, sebaiknya kamu tetap membalas emailnya dengan mengucapkan terimakasih dan menjelaskan alasan seperlunya dengan sopan. Hal ini dilakukan untuk menjaga etika dan menunjukkan profesionalitas kamu.

5. Tinjau ulang email sebelum mengirimkannnya

Sumber : Freepik

Setelah menuliskan balasan email, pastikan kamu membaca ulang email yang kamu ketik. Hal ini untuk mengantisipasi kesalahan penulisan pada email. Setiap kesalahan yang ada pada email balasan dapat berdampak buruk pada hasil rekrutmen karena menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang kurang teliti. Selain itu pada saat mengirimkan email balasan, sebaiknya kamu mengirimkan salinan email tersebut ke email kamu sendiri untuk memastikan email tersebut sudah terkirim atau belum.

Nah, itu dia tips membalas email panggilan wawancara yang bisa lamin berikan untuk kamu. Selain tips di atas, hal yang harus kamu perhatikan adalah pemilihan kata pada email dan pemilihan waktu untuk menunjukkan kesan sopan santun dan memberikan penilaian dalam proses rekrutmen tertentu. Semoga informasi ini berguna untuk kamu dan semoga dapat membantumu dalam proses rekrutmen!

Lihat Channel Youtube :  Sidat Labas Official 

Lihat Instagram Labas Academy : @labasacademy 

Baca Juga : 6 Tips Menghubungi Dosen lewat Chat 

Baca Juga : Ikan Sidat Bernilai Ekonimis Tinggi yang Mendunia, Anguilla japonica