Kandungan dan Manfaat Ikan SidatIkan sidat (Anguilla sp.) merupakan ikan yang begitu digemari di beberapa belahan dunia khususnya di Asia Timur karena kandungan dan manfaatnya yang tinggi. Ikan sidat memiliki kandungan dan manfaat yang menyebabkan ikan ini masuk dalam komoditi ekspor. Menurut data Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap pada tahun 2015, nilai produksi perikanan tangkap ikan sidat di perairan umum pada tahun 2012 yaitu 6.081 ton yang dapat menjadikan Indonesia berpotensi sebagai negara pengekspor sidat. Hal itu tentu disebabkan oleh kandungan dan manfaat ikan sidat yang banyak yaitu:

1. Meningkatkan Kecerdasan

 

                                                                       Source: pexels.com

Ikan sidat memiliki kandungan gizi yang tinggi terutama pada vitamin A, E dan asam lemak tak jenuh. Kandungan proksimat ikan sidat didominasi oleh kadar air yaitu 71%, serta protein kasar 17%, dengan Kandungan EPA 3-9%, dan DHA 3-9%. Kandungan EPA dan DHA berperan baik untuk perkembangan otak terutama pada anak-anak karena sedang dalam masa pertumbuhan. Di samping itu bagi orang dewasa, kandungan tersebut ampuh untuk daya ingat dan mampu menangkal datangnya penyakit pikun.

2. Menurunkan Lemak Jahat

 

                                                                  Source: gettyimages.com

Mengonsumsi ikan sidat adalah pilihan tepat bagi orang yang sedang menjalani program diet. Sebab, pada daging ikan sidat terkandung lemak baik sekitar 17% pada setiap 300 gram ikan sidat. Kandungan lemak baik tersebut mampu mendorong lemak jahat keluar dari tubuh seseorang. Dengan mengonsumsi ikan sidat ini, pastinya dapat menjadikan tubuh kita jadi sehat. Beruntung sekarang sudah tidak sulit untuk mencari Ikan sidat yang siap disantap

Baca Juga : Ikan Sidat Kabayaki Siap Santap

3. Memperkuat Jaringan Tubuh

 

                                                                        Source: canva.com

Selain dapat menurunkan lemak jahat, mengonsumsi ikan sidat terbukti ampuh untuk memperkuat jaringan tubuh. Di samping itu, ikan sidat juga ampuh untuk membentuk tulang dan otot karena kandungan protein yang tinggi. Beberapa penelitian menyebutkan ikan sidat memiliki kandungan protein sekitar 17-25%.

4. Mencegah Penyakit Jantung

 

                                                                 Source: gettyimages.com

Beberapa peneliti sepakat bahwa mengonsumsi ikan sidat terbukti ampuh untuk mencegah penyakit jantung. Penyakit ini umumnya terjadi akibat masalah yang ada pada sistem kardiovaskuler. Sehingga mengonsumsi ikan sidat bisa membantu mencegah datangnya penyakit jantung, penyakit stroke hingga nyeri pada dada.

5. Mengandung Vitamin dan Mineral yang Tinggi

 

                                                                  Source: gettyimages.com

Beberapa penelitian modern menemukan fakta bahwa kandungan vitamin dan mikronutrien dalam ikan sidat sangat tinggi, di antaranya:

1). Vitamin B1, 25 kali susu sapi

2). Vitamin B2, 5 kali susu sapi

3). Vitamin A, 45 kali susu sapi,

4). Kandungan zinc 9 kali susu sapi.

Vitamin A, B1, dan B2 yang tinggi memiliki peran andil terhadap kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga pembuluh darah mata ke otak agar tidak menyempit. Selain itu, vitamin A dapat mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat merusak sel retina. Sehingga, vitamin A dapat sebagai pencegah katarak dan degenerasi macula pada retina.

6. Kesehatan Terpelihara

 

                                                                  Source: gettyimages.com

Ikan sidat juga disebut sebagai “ginseng air” yang konon membuat siapapun yang mengonsumsi ikan ini akan memiliki umur yang panjang. Hal itu tentu didasari oleh fakta bahwa ikan sidat memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Kandungan ini mampu menjaga imunitas tubuh dan ampuh melawan beberapa penyakit seperti lupus, colitis ulserativa dan beberapa penyakit lainnya yang menyerang sel insulin. Omega 3 tinggi juga mampu membuat orang yang mengonsumsi terhindar dari depresi berlebih serta penyakit kejiwaan lainnya. Nah, itulah alasan mengapa mengonsumsi ikan sidat mampu memperpanjang umur kita.

Informasi lainnya mengenai Ikan Sidat bisa dilihat dichannel Youtube kami.

Lihat Channel Youtube Sidat Labas Official  

Baca Juga : 6 Perbedaan Ikan Sidat dan Belut yang banyak orang belum Tahu!