Tips Menghubungi Dosen – Di masa pandemi Covid-19 ini, kamu pasti akan kesulitan untuk berbicara secara langsung kepada dosen. Agar tetap dapat berkomunikasi dengan dosen, kamu harus menghubunginya melalui email maupun aplikasi pesan singkat. Nah sebelum mengirim pesan kepada dosen, perhatikan langkah-langkah berikut agar pesanmu dibalas oleh dosen.

6 tips hubungi dosen 1

6 Tips Menghubungi Dosen lewat Chat

1. Cari Waktu yang Tepat!

              6 tips hubungi dosen 2

Source: pin.it

Untuk menghubungi dosen, kamu tidak boleh melakukannya di sembarang waktu. Bila kamu mengirim pesan di waktu yang tidak tepat, kamu bisa membuat dosen merasa tidak nyaman dan mengganggu waktunya .Beberapa waktu yang harus kamu hindari adalah pada saat weekend, hari libur dan jam istirahat. Waktu yang tepat untuk menghubungi dosen adalah pada jam kerja.

2. Ucapkan Salam Pembuka

Mengucapkan salam merupakan etika dalam menghubungi dosen. Kamu bisa mengawali pesan dengan ‘Assalamualaikum“ atau ‘Selamat Pagi/Siang’. Salam yang digunakan tentunya harus disampaikan dengan kalimat yang sopan dan mudah dipahami.

3. Permintaan Maaf

Walaupun kamu ngga salah apa-apa, ucapkan ‘Maaf’ terlebih dahulu kepada dosen. Kamu tidak pernah tahu keadaan dosen yang kamu hubungi. Barangkali dosen yang kamu hubungi sebenarnya kurang berkenan mendapatkan pesan dari kamu. Ucapan permintaan maaf dapat meminimalisir kesalahpahaman antara kamu dan dosen yang kamu hubungi.

4. Jangan lupa Perkenalkan Diri

6 tips hubungi dosen 3

Source: pin.it

Sebelum masuk ke isi percakapan, ada baiknya kamu memperkenalkan diri terlebih dahulu. Dosen belum tentu mengingat kamu karena banyaknya mahasiswa bimbingannya. Jadi, jangan lupa untuk memperkenalkan diri kepada dosen sebelum masuk ke isi percakapan. Hal yang perlu kamu sampaikan kepada dosen adalah nama, nomor induk dan jurusan.

5. Gunakan Kalimat yang efisien, Bahasa Santun, Formal dan Mudah Dimengerti

Pada saat menghubungi dosen jangan sekali-kali menggunakan bahasa 4l4y, atau singkatan yang tidak umum. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selain itu gunakanlah bahasa yang singkat, padat dan jelas. Bahasa yang sopan dan santun juga perlu diperhatikan dalam menghubungi dosen.

6. Tutup dengan Salam dan Ucapan Terimakasih

Tips Menghubungi Dosen untuk Mahasiswa

Source: freepik.com

Supaya lebih sopan, baiknya kamu mengucapkan terimakasih di akhir pesan. Kamu juga jangan sampai lupa mengucapkan terimakasih ketika dosen sudah membalas pesanmu.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa Labas Academy bagikan untuk kalian. Jangan lupa terapkan hal ini biar kamu lancar menghubungi dosennya. Semoga bermanfaat ya brosis!

Informasi lainnya mengenai Ikan Sidat dapat kamu lihat di channel Youtube kami.

Lihat Channel Youtube :  Sidat Labas Official 

Lihat Instagram Labas Academy : @labasacademy 

Baca Juga : 6 Tips Presentasi untuk Mahasiswa agar Menarik Audiens

Baca Juga : 19 Situs Web Penyedia Template Power Point Gratis