Tips Presentasi untuk Mahasiswa – Presentasi pada dunia perkuliahan adalah suatu hal yang lumrah harus dihadapi oleh kamu yang saat ini menyandang status sebagai mahasiswa. Presentasi yang kamu hadapi di dunia perkuliahan bisa berupa tugas kuliah, makalah, seminar maupun presentasi proyek. Oleh karena itu, kamu harus terus melatih dan mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Presentasi saat kuliah ini seringkali menjadi problematika bagi mahasiswa, sehingga presentasi yang dijalani tidak maksimal, tidak efektif dan membosankan. Berikut tips untuk kamu dalam menghadapi presentasi di dunia perkuliahan.

6 Tips Presentasi untuk Mahasiswa Agar menarik Audiens

1. Percaya Diri dan Santai

Presentasi di hadapan Audiens

Source: freepik.com

Dalam menyampaikan presentasi, kamu harus menyampaikan materi tanpa ragu-ragu dan tidak terburu-buru. Kemampuan public speaking harus kamu kuasai agar dapat menyampaikan materi dengan baik. Kamu bisa mempelajari kemampuan ini dengan menonton video, mengikuti forum diskusi dan lain-lain.

2. Membuat Power Point yang Menarik

Presentasi di LaptopSource: freepik.com

Power point yang bagus akan menunjang presentasi untuk menarik audiens. Presentasi yang monoton, warna terlalu mencolok atau animasi yang terlalu banyak dapat membuat audiens bosan. Untuk itu kamu bisa mencari referensi power point di internet yang dapat menunjang presentasi kamu.

3. Memaksimalkan komunikasi verbal dan non-verbal

Mahasiswa melakukan presentasi di hadapan audiens

Source: freepik.com

Pada saat presentasi komunikasi verbal harus dimaksimalkan. Kamu harus menggunakan kata-kata yang efisien, mudah dicerana dan mengurangi kata-kata yang tidak perlu seperti “ehh”, “emmm”, atau diam sesaat karena bingung harus berkata apa. Kecepatan dalam menyampaikan materi juga harus kamu perhatikan. Presentasi yang disampaikan tidak boleh terlalu cepat maupun terlalu lambat. Selain komunikasi verbal, bahasa tubuh merupakan hal yang harus kamu perhatikan dan kamu maksimalkan. Gestur tangan, raut muka dan posisi tubuh dapat membantu kamu untuk menyampaikan materii lebih menarik.

4. Melakukan persiapan dan latihan presentasi

Mahasiswa belajar mempersiapkan presentasi

Source: freepik.com

Sebelum melakukan presentasi, ada baiknya kamu berlatih dan mempersiapkan segala sesuatu yang kamu butuhkan. Hal ini bertujuan agar kamu bisa membiasakan diri baik dengan suasana, cara berkomunikasi dan dengan power point yang sudah kamu buat. Apabila langkah ini sudah kamu lakukan, diri kamu akan jauh lebih tenang dalam menghadapinya.

5. Mengisi energi sebelum presentasi

Sarapan pagi sebelum memulai hari

Source: pin.it

Sebelum presentasi, tidur dan makan yang cukup sangat diperlukan. Hal ini bertujuan agar kamu dapat melakukan pemaparan dalam kondisi yang prima. Untuk itu, hidari begadang dan jangan biarkan perut kosong pada saat presentasi.

6. Menyimak pendapat dan pertanyaan audiens

Mahasiswa presentasi di hadapan Audiens

Source: freepik.com

Selain saat pemaparan materi berlangsung, sesi diskusi dan sesi tanya jawab adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Setiap pertanyaan dan pendapat dari audiens harus kamu simak baik-baik agar kamu bisa memberikan tanggapan yang sesuai dan menciptakan hubungan emosional dengan audiens.

Nah, itu dia tips dari Labas Academy. Selain tips di atas, perhatikan juga penampilan diri kamu pada saat presentasi. Pastikan menggunakan pakaian yang sesuai dan rapi, karena penampilan dapat menunjang kepercayaan diri dalam melakukan presentasi. Jangan lupa berdoa dan terapkan tips di atas agar kamu dapat melakukannya secara maksimal. Good luck!

Informasi lainnya mengenai Ikan Sidat bisa dilihat dichannel Youtube kami.

Lihat Channel Youtube :  Sidat Labas Official 

Lihat Instagram Labas Academy : @labasacademy 

Baca Juga : 6 Tips Menghubungi Dosen lewat Chat 

Baca Juga : 19 Situs Web Penyedia Template Power Point Gratis