7 rekomendasi situs web jurnal gratis

Referensi Jurnal Gratis – Sebagai mahasiswa, tentunya kamu sudah tidak asing dengan jurnal atau artikel ilmiah. Jurnal ini sangat penting digunakan sebagai satu referensi yang dibutuhkan oleh mahasiswa dalam mengerjakan tugas maupun pembuatan karya ilmiah. Jurnal – jurnal ini bisa kamu dapatkan di internet, sayangnya tidak semua jurnal yang ada di internet dapat diakses secara bebas. Beberapa jurnal tidak dapat diakses secara bebas karena harus berlangganan atau memiliki ID akses. Nah, disini lamin punya rekomendasi situs web penyedia jurnal gratis sebagai referensi tugas kuliahmu.

7 Rekomendasi Situs Web untuk mencari Jurnal Gratis dalam menunjang kuliahmu

1. Google Scholar

Situs web untuk mencari jurnal gratis

Situs Web : https://scholar.google.co.id/

Google Cendikia atau google scholar adalah situs untuk mencari jurnal yang cukup besar. Di dalamnya, terdapat ratusan bahkan ribuan artikel ilmiah termasuk skripsi, thesis, buku, e-book dan referensi ilmiah lain yang tentunya dapat diakses secara gratis. Kamu bisa mengakses jurnal berbahasa Indonesia maupun jurnal internasional di google scholar.

2. Academia.edu

Situs web untuk mencari jurnal gratis

Situs Web : https://www.academia.edu/

Academia adalah sebuah situs jejaring sosial yang dikhususkan untuk para akademisi seperti dosen, mahasiswa, guru dan pelajar untuk saling membagikan artikel ilmiah seperti jurnal, skripsi, thesis, tugas dan laporan. Di situs academia.edu ini kamu bisa mengikuti topik tertentu yang kamu sukai dan mendapatkan perkembangan terkini dari topik tersebut. Untuk mengakses dan mendownload jurnal di academia.edu, kamu bisa menghubungkannya dengan akun google atau facebook.

 

3. Ijern

Situs web untuk mencari jurnal gratis

Situs Web : https://ijern.com/

Ijern.com adalah situs web yang cocok untuk kamu yang membutuhkan jurnal internasional sebagai referensi. Jurnal yang tersedia disini merupakan jurnal yang dipublikasikan oleh Contemporary Research Center CRC Publications. Jurnal yang tersedia di ijern.com, dapat kamu download secara gratis dalam bentuk pdf.

 

4. Researchgate

Situs web untuk mencari jurnal gratis

Situs Web : https://www.researchgate.net/

Selain menyediakan berbagai artikel ilmiah, researchgate juga dapat digunakan untuk berdiskusi antar akademisi. Kamu dapat mengakses jurnal di researchgate dengan menggunakan email yang sudat disediakan oleh institusi tempat kamu berkuliah. Akan tetapi, tidak semua jurnal tersedia dapat diakses secara gratis. Beberapa jurnal harus mendapatkan izin dari pemiliknya.

 

5. Lipi.go.id

Situs web untuk mencari jurnal gratis

Situs Web : http://isjd.pdii.lipi.go.id/

Untuk kamu yang mencari jurnal berbahasa indonesia, kamu bisa mengunjungi jurnal.lipi.go.id. Banyak jurnal berbahasa Indonesia yang disediakan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) yang bisa kamu akses dan download di sini. Disini terdapat banyak jurnal dari berbagai tema.

 

6. Doaj

Situs web untuk mencari jurnal gratis

Situs Web : https://doaj.org/

Directory of Open Access Journal adalah situs yang menyediakan jurnal gratis, sama seperti namanya, direktori online yang dikurasi oleh komunitas ilmiah dan mengindeks serta menyediakan akses ke jurnal berkualitas tinggi, akses terbuka, dan melalui proses peer-review. DOAJ ini menyediakan lebih dari 5 juta jurnal ilmiah yang bisa kamu download secara cuma-cuma.

7. Perpusnas

Situs web untuk mencari jurnal gratis

Situs web : http://e-resources.perpusnas.go.id/

Perpusnas merupakan suatu situs milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) yang menyediakan akses jurnal untuk kamu, dalam menunjang pembuatan tugas, artikel ilmiah, skripsi atau thesis. Untuk dapat mengakses jurnal di perpusnas sebelumnya kamu perlu menjadi anggota perpus secara online.

 

Nah itu dia beberapa situs web yang menyediakan jurnal gratis yang bisa kamu akses dan download. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam pembuatan tugas, artikel ilmiah, laporan, skripsi maupun tesis. Kalau kamu biasanya mencari referensi jurnal dimana?

 

Lihat Channel Youtube :  Sidat Labas Official 

Lihat Instagram Labas Academy : @labasacademy 

Baca Juga : 6 Tips Menghubungi Dosen lewat Chat 

Baca Juga : Ikan Sidat Bernilai Ekonimis Tinggi yang Mendunia, Anguilla japonica

2 Balas ke “7 Rekomendasi Situs Web untuk mencari Jurnal Gratis”

Komentar ditutup.