7 Tips mencari Ide Skripsi biar cepet Lulus

Skripsi adalah salah satu momok bagi mahasiswa tingkat akhir. Skripsi merupakan salah satu syarat yang harus dilewati oleh mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Masa-masa mengerjakan skripsi merupakan salah satu pembelajaran yang belum pernah dirasakan saat bangku sekolah dan merupakan salah satu masa yang cukup berat. Salah satu problematika yang dialami oleh mahasiswa pada saat mengerjakan skripsi dimulai saat menentukan judul. Untuk menentukan judul, kamu harus memikirkannya matang-matang dan penuh pertimbangan. Salah-salah memilih judul, justru akan membuatmu kesulitan dalam menyelesaikan tugas akhir.

Nah untuk kamu yang sedang pusing menentukan judul, lamin punya beberapa tips untuk memudahkan kamu dalam menentukan judul skripsi. Yuk, simak tips di bawah!

7 Tips Mencari Ide Skripsi Biar Cepet Lulus

1. Mencari tahu minat kamu

Minat Pada untuk membuat skripsi

Sumber : Freepik

Mencari tahu minat kamu dalam membuat skripsi adalah hal yang sangat penting. Skripsi yang dibuat sesuai dengan sesuatu yang kamu sukai akan membuat proses pengerjaannya menjadi lebih mudah loh! Dengan mengetahui minat, kamu akan lebih fokus dalam mencari judul penelitian yang tepat. Apabila kamu merasa belum memiliki minat pada suatu topik, kamu bisa coba membaca ulang materi-materi kuliah di semester sebelumnya dan mencari materi yang kamu anggap menyenangkan untuk dipelajari lebih dalam. Apabila kamu adalah mahasiswa perikanan, topik yang dapat dijadikan skripsi adalah penyakit ikan, pakan ikan dan lain-lain.

 

2. Mencari referensi dari kakak tingkat

Membaca skripsi kaka tingkat di perpustakaan

Sumber : Freepik

Kakak tingkat atau kating merupakan salah satu orang yang bisa kamu jadikan sumber inspirasi judul skripsi. Skripsi milik kating bisa kamu baca dengan mudah dan menjadikannya acuan dalam menyusun penelitian. Untuk mendapatkan skripsi milik kating, kamu harus rajin-rajin mengunjungi pusat informasi ilmiah atau perpustakaan di kampus. Selain itu, kamu bisa menghubungi kating yang bersangkutan untuk meminta file-nya secara langsung. Tetapi kamu juga harus memintanya dengan cara yang sopan ya. Selain itu, kamu tidak boleh melakukan copy paste skripsi milik kating karena akan diragukan orisinalitasnya. Yang boleh kamu lakukan adalah menjadikan skripsi milik kating sebagai acuan saja.

 

3. Mencari penelitian di Internet

Mencari judul skripsi di internet

Sumber : Freepik

Pada era digital ini, mencari informasi di internet merupakan sesuatu yang tidak sulit untuk dilakukan. Termasuk salah satunya untuk mencari penelitian yang bisa kamu jadikan sebagai acuan dalam menyelesaikan tugas akhir. Skripsi, thesis, makalah dan jurnal ilmiah bisa kamu dapatkan dengan mudah di internet. Jangan lupa untuk mencatat setiap poin yang kamu dapatkan, untuk kemudian menggabungkannya menjadi satu topik.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Situs Web untuk mencari Jurnal Gratis

 

4. Berdiskusi

Berdiskusi mengenai skripsi bersama teman

Berdiskusi untuk mendapatkan judul skripsi bisa kamu lakukan dengan siapa saja. Kamu bisa berdiskusi dan kamu bisa meminta masukan dan pendapat mengenai pengalaman dalam mengerjakan tugas akhir. Tidak lupa, kamu bisa juga berdiskusi dengan dosen pembimbing. Kamu tidak perlu sungkan untuk menceritakan kesulitanmu dalam menentukan judul. Dari diskusi ini kamu bisa meyakinkan diri untuk melakukan penelitian dari topik yang kamu pilih.

 

5. Mengikuti Seminar

Mengikuti seminar

Sumber : Freepik

Kamu bisa mengikuti seminar untuk mendapatkan ide dalam membuat skripsi. Siapa tahu dari seminar ini kamu menemukan topik menarik dan bisa mengangkatnya sebagai topik penelitian. Pada seminar ini akan ada banyak diskusi yang memunculkan ide. Kamu juga bisa bertanya secara langsung ke narasumber mengenai topik yang akan kamu jadikan sebagai sumber penelitian pada seminar ini.

 

6. Ikuti Perkembangan

Riset skripsi

Sumber : Freepik

Membaca artikel dan menonton berita dapat memberikan inspirasi untuk kamu menentukan judul skripsi. Berbagai permasalahan yang muncul di berita atau artikel dapat kamu ambil dan menjadikannya sebagai latar belakang pembuatan skripsi. Sebagai anak perikanan, kamu bisa mengambil permasalahan pada berita yaitu berupa wabah penyakit ikan di suatu tempat, perkembangan teknologi pakan, dan lain-lain.

 

7. Ikut Proyek Dosen

Penelitian bersama dosen

Sumber : Freepik

Saat ini, kamu tidak harus selalu melakukan penelitian secara mandiri loh.  Kamu bisa melakukan bersama dengan dosen yang juga sedang melakukan penelitian, atau seringkali disebut dengan proyek dosen. Dosen yang sedang memiliki proyek penelitian biasanya memiliki topik besar dengan beberapa data yang bisa kamu ambil sebagian kecilnya untuk dijadikan sebagai skripsi. Hubungan seperti ini cukup menguntungkan satu sama lain karena dosen akan sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa. Selain itu, proyek dosen ini menguntungkan mahasiswa karena dapat menghemat dana dan tidak perlu pusing memikirkan judul. Proyek dosen ini juga dapat membuat kamu dekat dengan dosen sehingga penelitian pun lebih mudah.

Nah, itu dia 7 tips yang bisa kamu lakukan dalam mencari judul skripsi, mudah bukan. Setelah mendapatkan judul, sekarang waktunya kamu mengerjakan dengan semangat dan sungguh-sungguh. Semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan lupa share ke teman-teman kamu!

Lihat Channel Youtube :  Sidat Labas Official 

Lihat Instagram Labas Academy : @labasacademy 

Baca Juga : Ikan Sidat Bernilai Ekonimis Tinggi yang Mendunia, Anguilla japonica