Sidat sirip pendek pasifik

Sidat Sirip Pendek Pasifik – Anguilla obscura termasuk kedalam sidat air tawar sirip pendek (shortfinned eel). Spesies ini hidup di sekitar perairan Australia dan pulau-pulau di Samudera Pasifik termasuk Indonesia lho!

Tapi kenapa ya sidat ini disebut sidat sirip pendek pasifik? Bukannya kebanyakan ikan sidat juga memiliki sirip pendek ya? lalu apa dong yang membedakan spesies ini dengan spesies ikan sidat lainnya?

Oke, mari kita bahas! 

Ciri-ciri

Sidat sirip pendek pasifik
Sumber: Fishesofaustralia.net.au

Anguilla obscura memiliki bentuk tubuh memanjang seperti ular. Sirip punggung, anus, dan ekor menyatu. Sirip punggung dimulai tepat sebelum adanya sirip anus, tidak memiliki sirip perut, dan sirip dada kecil seperti kipas. Ciri-ciri tubuh ikan ini sejatinya mirip dengan Sidat sirip pendek lainnya yaitu Anguilla australis dan Anguilla bicolor, namun spesies ini dapat dibedakan berdasarkan jumlah tulang belakang. 

Diketahui bahwa panjang tubuh Anguilla obscura jantan dapat mencapai 110 cm, namun lebih sering ditemukan dengan panjang hingga 60 cm saja di alam. Untuk berat dari spesies ini dapat mencapai 7 kg.

Habitat dan Persebaran

Sidat sirip pendek pasifik
Sumber: Jatimtimes.com

Menurut penelitian, Anguilla obscura hidup di sekitar perairan Australia dan pulau-pulau yang berada di Laut Pasifik. Diketahui spesies ini telah ditemukan di Kepulauan Cook, Australia, Fiji, Polinesia Prancis, Indonesia, Kaledonia Baru, Papua Nugini, Samoa, Kepulauan Solomon, Tahiti, Tonga, Vanuatu, dan Pulau Wallis.

Mengapa Anguilla obscura disebut sebagai sidat air tawar sirip pendek? Hal ini dikarenakan Anguilla obscura yang menhabiskan sebagian besar hidupnya di air tawar. Spesies ini diketahui hidup di perairan tawar selama kurang lebih 20 tahun sebelum berpijah ke laut. 

Pemahaman mengenai habitat dan persebaran Anguilla obscura saat ini masih sangat terbatas. Namun dihipotesiskan bahwa spesies ini ditemukan di bagian hilir sungai. Biasanya spesies ini hidup di bagian bawah aliran sungai atau di laguna.

Seperti spesies ikan sidat lainnya, Anguilla obscura juga akan melakukan pemijahan ke laut. Namun lokasi favorit Anguilla obscura untuk memijah masih belum terpecahkan. Saat ini, baru ditemukan hanya sedikit larva Anguilla obscura di Timur Haiti.

Ancaman

Sidat sirip pendek pasifik
Sumber: Pdamtirtabenteng.co.id

Menurut Pemberitahuan CITES 018/2018, negara Australia, Indonesia dan Perancis diidentifikasi memberikan ancaman terhadap Anguilla obscura. Bentuk ancamannya adalah terjadinya perbahan iklim, hambatan migrasi, dan hilangnya habitat alami ikan sidat.

Selain itu, adanya polusi perairan dari kegiatan pertambahngan juga dapat menjadi ancaman yang berkelanjutan bagi ikan sidat di berbagai daerah. Spesies ini juga dikhawatirkan akan menjadi target utama eksploitasi di masa depan mengingat mulai diterapkannya pembatasan penangkapan dan perdagangan spesies ikan sidat lainnya.

Baca Juga:

7 Rekomendasi Situs Web untuk mencari Jurnal Gratis

Mengenal Anguilla Australis : Sidat Bersirip Pendek dari Pasifik

Budidaya

Sumber: Ekonomi.bisnis.com

Saat ini bentuk pengelolaan atau budidaya terhadap Anguilla obscura dari berbagai negara yang masuk kedalam lingkup Perairan Pasifik belum banyak diinformasikan. Hal ini tentu mendasari bahwa perlu lebih banyak data yang dikumpulkan mengenai jumlah tangkapan, identifikasi daerah pemijahan, dan pola migrasi dari spesies ini.

Tidak ada tindakan pengelolaan spesifik spesies yang diidentifikasi untuk A. obscura tetapi Australia mengelola belut anguillid melalui undang-undang khusus untuk setiap negara bagian (lihat A. australis) dan Indonesia memiliki undang-undang yang berlaku untuk perdagangan semua spesies anguillid.

Baca Juga:

Anguilla Bengalensis, Sidat Bintik Asal India yang Hampir Punah

5 Fakta Unik Ikan Sidat Yang Wajib Kamu Ketahui