manfaat-bioballs-pada-pemeliharaan-ikan-sidat

Dalam dunia perikanan tentu tidak asing dengan yang namanya bioballs. Ya, bioballs adalah sebutan untuk media filtrasi biologi yang terbuat dari plastik berbentuk bulat mirip dengan buah rambutan. Bioballs dibuat khusus berongga banyak sehingga memiliki luas permukaan yang besar. Luas permukaan bioballs dapat mencapai 600 m2 per meter kubik bioballs.

Perlu diketahui, sistem filtrasi biologi merupakan sitem filtrasi yang  pengguanannya menggunakan mikroarganisme / bakteri yang bekerja secara simultan oleh sifat dasarnya. Terdapat beberapa jenis bakteri yang digunakan dengan tujuan sistem filtrasi itu sendiri. Salah satunya adalah bakteri Nitrobacter yang berfungsi mengurangi peningkatan senyawa amonia dan nitrit di perairan.

Nah, manfaat dari Bioballs sendiri adalah sebagai media hidup bakteri pengurai yaitu bakteri Nitrosomonas dan Nitrobacteri. Bakteri ini sengaja dilepas ke dalam air dan diharapkan hidup di dalam permukaan bioballs tersebut.Bakteri menguntungkan tersebut berfungsi sebagai pengurai dalam proses nitrifikasi. Nitrifikasi adalah proses oksidasi dari Amonium (NH4) dan gas Amonia (NH3) yang berbahaya bagi ikan, menjadi Nitrit (NO2) dan kemudian berubah menjadi Nitrat (NO3) selanjutnya akan lepas menjadi nitrogen bebas (N2). Bakteri nitrifikasi mampu menguraikan amonia sebanyak 0,2-2 g per meter luas area per hari.

Secara umum, bakteri nitrifikasi bersifat nonmotil artinya tidak dapat bergerak sehingga bakteri ini cenderung untuk melekat pada permukaan benda yang ada di sekelilingnya. Bakteri nitrifikasi juga berkembang biak dengan cara membelah diri, namun tidak dapat membentuk spora. Dengan begitu, bioballs merupakan media yang ideal bagi bakteri ini untuk tumbuh. Dengan berkembangnya bakteri ini, diharapkan kondisi perairan yang tinggi amoniak bisa berkurang.

Bioballs biasanya ditempatkan khusus pada Biofilter. Filter ini berfungsi untuk menghilangkan amonia yang terkandung di dalam air yang mengalir ke dalam filter tersebut dengan proses biologi dengan bantuan bakteri yang hidup di dalam bioballs.

Kebutuhan jumlah bioballs bisa dihitung dan disesuaikan berdasarkan banyaknya amonia yang dihasilkan dari sejumlah pakan yang diberikan kepada ikan pada sistem pemeliharaan tersebut.

Sidat Labas | Better Eel for Better Life

Labas Academy The Series
FB Sidat Labas
Instagram @labassidat
Youtube LabasTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.