Sidat Asal Filipina Anguilla luzonensis

Spesies Ikan Sidat Baru Asal Filipina, Anguilla luzonensis

 

Anguilla luzonensis merupakan spesies baru ikan sidat yang ditemukan pada tahun 2009. Anguilla luzonensis dikenal dengan nama Sidat Belang dari Filipina.

Mengapa disebut demikian? Hal ini dikarenakan ikan sidat spesies ini memiliki corak di seluruh permukaan tubuhnya dan spesies ini juga memiliki persebaran habitat yang cukup terbatas.

Anguilla luzonensis hanya dapat ditemukan di beberapa perairan Filipina.

Lalu bagaimana dengan ciri-ciri ikan sidat spesies ini? Apakah sama seperti ikan sidat spesies lainnya?

Baca juga : Perbedaan ikan sidat dan belut, belum banyak diketahui!

Ciri-ciri

Secara umum, Anguilla luzonensis memiliki morfologi yang mirip dengan spesies ikan sidat lainnya. Namun, spesies ini bisa dibedakan melalui keberadaan corak warna yang beraneka ragam pada permukaan tubuhnya.

Anguilla luzonensis diketahui memiiki pita gigi rahang atas yang lebar. 

Anguilla luzonensis memiliki sirip punggung yang panjangnya mencapai 28,6% – 33,1% dari total panjang tubuhnya. Jarak antara garis vertikal melalui anus dan pangkal sirip punggung sepanjang 9,3% – 13,9%.

Anguilla luzonensis memiliki jumlah tulang punggung abdomen sebanyak 40-42 buah.

Baca juga : Ikan Sidat Belang Raksasa, Anguilla Marmorata

Habitat dan Persebaran

Menurut penelitian terdahulu, ikan sidat spesies ini memiliki wilayah persebaran yang sangat terbatas. Hanya ditemukan di perairan pulau Luzon Filipina dan ditemukan sedikit di Mindanao.

Habitat dan persebaran Anguilla luzonensis saat ini belum banyak diketahui. Hal ini dikarenakan spesies ini baru ditemukan pada tahun 2009, sangat sedikit informasi yang tersedia terkait dengan ancaman,

perdagangan dan penggunaan atau pengelolaan spesifik terhadap spesies ini, dan pengumpulan data dasar untuk spesies ini sangat dibutuhkan.

Baca juga : Fakta unik ikan sidat, wajib tau!

Ancaman

Saat ini, ancaman terhadap keberadaan Anguilla luzonensis masih sedikit namun, harus tetap diwaspadai. Seperti ikan sidat spesies lainnya, keberadaan Anguilla luzonensis akan terancam apabila terus menerus dieksploitasi. 

Negara Filipina telah menyatakan bahwa kegiatan pemanenan dan/atau perdagangan yang tidak berkelanjutan/ilegal sebagai ancaman terhadap spesies tersebut,

dan mengindikasikan bahwa pemanenan spesies tersebut terjadi di perairan mereka untuk konsumsi domestik, pertumbuhan domestik dan domestik.

Baca juga : Alternatif bisnis ikan sidat

Pengelolaan 

Saat ini tidak ada tindakan atau kebijakan pengelolaan spesifik spesies yang diidentifikasi untuk Anguilla luzonensis tetapi Filipina memiliki undang-undang yang berlaku untuk perdagangan semua spesies anguillid.

Disisi lain, pengumpulan data dasar tentang status spesies ini diperlukan termasuk menetapkan metrik kelimpahan untuk semua tahap kehidupan,

analisis ancaman – termasuk menentukan tingkat panen dan tangkapan sampingan yang ditargetkan, mengidentifikasi area pemijahan dan memahami pola migrasi.

Karena spesies ini memiliki jangkauan yang terbatas, pengumpulan data yang berarti tentang ancaman dan status stok dapat dilakukan secara signifikan daripada anguillid lainnya.

Baca juga : Cara budidaya ikan sidat skala rumahan